Rabu, 23 November 2011

RPP METABOLISME SEL (Katabolisme dan Anabolisme)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA Negeri  Tasikmalaya
Mata Pelajaran: Biologi
Kelas/Semester: XII/1 (satu)

A.      STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
B.       KOMPETENSI DASAR
2.2. Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.         Menjelaskan tahapan proses respirasi sel
2.         Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel
3.         Menceritakan kembali proses terjadinya respirasi sel
4.         Menjelaskan proses fotosintesis
5.         Mengetahui macam-macam bakteri yang melakukan kemosintesis karbohidrat.
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Siswa mampu menjelaskan proses respirasi sel
2.         Siswa mampu menjelaskan tahapan-tahapan peristiwa anabolisme dan katabolisme.
E.       KARAKTER PESERTA DIDIK YANG DIHARAPKAN
1.    Religius
2.         Disiplin
3.         Rasa ingin tahu
4.         Tekun
5.         Kerja keras
6.         Gemar membaca
7.         Komunikatif
8.         Kreatif
9.         Mandiri
10.     Tanggung jawab
F.       DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN
Metabolisme Sel 
·         Metabolisme sel merupakan aktifitas hidup yang dijalankan oleh sebuah   sel yang merupakan unit kehidupan yang terkecil.
·         Metabolisme adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup/sel. Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis, karena metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim.
Berdasarkan prosesnya metabolisme dibagi menjadi 2, yaitu : 
1.      Katabolisme
Katabolisme adalah reaksi penguraian senyawa yang kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim. Penguraian suatu senyawa dapat menghasilkan energi. Energi itu berasal dari terlepasnya ikatan-ikatan kimia yang menyusun suatu persenyawaan. Semakin kompleks persenyawan kimia itu, semakin banyak ikatan kimia yang menyusunnya, dan akan semakin besar energi yang dilepaskannya. Akan tetapi, energi itu tidak dapat digunakan secara langsung oleh sel. Energi itu diubah terlebih dahulu menjadi persenyawaan adenosin trifosfat (ATP) yang dapat digunakan oleh sel sebagai sumber energi terpakai.
ATP merupakan gugusan adenin yang berikatan dengan tiga gugus fosfat. Terlepasnya ikatan fosfat dalam gugusan adenin menghasilkan enegri yang langsung dapat digunakan oleh sel. Energi itu digunakan untuk melangsungkan reaksi-reaksi kimia, pertumbuhan, transfortasi, reproduksi, dan merespon rangsangan. Contoh katabolisme adalah pernapasan sel atau respirasi, yaitu proses penguraian bahan makanan yang menghasilkan energi. Respirasi dilakukan oleh semua sel penyusun tubuh, baik sel-sel tumbuhan maupun sel hewan dan manusia. Ditinjau dari kebutuhannya akan oksigen, respirasi dibedakan menjadi dua macam
a.      Respirasi aerobik, yaitu respirasi yang menggunakan oksigen bebas untuk mendapatkan energi. Dengan peristiwa,
1)      Glikolisis
2)      Siklus krebs
3)      Sistem Transfor Elektron (STE)
b.      Respirasi anaerobik, yaitu respirasi yang tidak membutuhkan oksigen bebas untuk mendapatkan energi.
Bahan baku respirasi adalah karbohidrat, asal lemak, atau protein (asam amino). Hasil respirasi berupa karbon dioksida, air dan energi dalam bentuk ATP.
2.      Anabolisme
Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks, nama lain dari anabolisme adalah peristiwa sintesis atau penyusunan. Anabolisme memerlukan energi, misalnya : energi cahaya untuk fotosintesis, energi kimia untuk kemosintesis.
a.      Fotosintesis
Fotosintesis berasal dari kata foton = cahaya dan sintesis = penyusunan. Fotosintesis adalah peristiwa penyusunan zat organik (gula) dari zar anorganik (air, karbondioksida) dengan pertolongan energi cahaya. Oleh karena bahan baku yang digunakan adalah zat karbon (karbon dioksida), maka fotosintesis dapat juga disebut asimilasi karbon.
b.      Kemosintesis
Cahaya digunakan sebagai sumber energi untuk emmecahkan molekul air. Hasil akhir yang terbentuk adalah gula (selanjutnya diubah menjadi amilum) yang akan digunakan sebagai cadangan makanan. Jadi energi cahaya diubah menjadi energi yang tersimpan dalam bentuk ikatan kimia.
Akan tetapi sumber energi tidak hanya cahaya. Beberapa mikroorganisme ada yang dapat memperoleh energi dengan jalan mengoksidasi senyawa kimia. Misalnya bakteri belerang, bakteri nitrit, dan bakteri besi. Bakteri belerang mengoksidasi H2S untuk memperoleh energi, selanjutnya energi yang diperoleh digunakan untuk melakukan pembentukan senyawa karbon. Oleh karena penyusunan bahan organik itu menggunakan energi dari pemecahan senyawa kimia, maka disebut kemositosis.
G.      ALOKASI WAKTU
2 x 45 Jam Pelajaran
H.   STRATEGI PEMBELAJARAN
1.         Model Pembelajaran
Artikulasi
2.    Pendekatan Pembelajaran langsung
3.         Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    Diskusi
c.    Tanya jawab
I.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan awal/Pendahuluan
a.       Apersepsi
Guru bertanya pada siswa “ mengapa fotosintesis di lakukan oleh tumbuhan?”
b.      Motivasi
Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang menunjukan adanya proses katabolisme dan anabolisme
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh

b.  Elaborasi
1)      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2)      Guru menyampaikan materi sebagaimana biasa.
3)      Untuk mengetahui daya serap pserta didik, dibentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4)      Menugaskan salah satu peserta didik dari pasangan itu untuk menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan–catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
5)      Menugaskan peserta didik secara bergiliran/diacak menyampaikan penjelasan teman pasangannya. Sampai sebagian peserta didik sudah menyampaikan penjelasannya.
6)      Guru mengulang/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami peserta didik.
b.      Konfirmasi
Guru bersama siswa merumuskan simpulan akhir diskusi tentang proses katabolisme dan anabolisme serta peranan untuk mahluk hidup.
3.      Kegiatan Akhir/Penutup
a.       Guru menyimpulkan secara garis besar proses katabolisme dan anabolisme mahluk hidup, serta peranan dari proses tersebut
b.      Guru memberikan tugas membaca untuk materi selanjutnya.
J.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Sumber/ buku acuan
a.       Buku  Biologi kelas XII.
Syamsuri, Istamar. 2006. Biologi kelas XII. Jakarta: PT. Erlangga.
2.      Alat dan bahan
Laptop/Komputer, LCD/Infokus, dan bahan presentasi.
3.      Media pembelajaran
Power point (ppt).


K.   PENILAIAN
1.      Teknik : Kuis/pertanyaan (tertulis).
2.      Bentuk instrumen : Soal esaay
3.      Instrumen :
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat!
1        Jelaskan tiga tahap proses respirasi?
2        Sebutkan tempat terjadinya glikolisis, daur krebs dan transfer elektron?
3        Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis?
4        Fotosisntesis terjadi pada jaringan daun, sebutkan pada jaringan apa?
5        Apakah yang dimaksud dengan anabolisme dan katabolisme?
4.      Kunci jawaban :
1.      Respirasi sel melalui tiga tahap yaitu :
·         Glikolisis adalah pemecahan gula menjadi asam piruvat.
·         Siklus krebs yaitu perubahan asam piruvat menjadi asetil KoA dengan menghasilkan 2 ATP per molekul glukosa
·         Pengikat H dari siklus krebs, secara estafet elektron dipindahkan sehingga terbentuk ATP dan air sebagai hasil akhir.
2.      Glikolisis berlangusng dalam sitoplasma, siklus krebs dalam mitokondria, Transfer elektron dalam membran di dalam mitokondria.
3.      CO2, khlorofil, air, cahaya matahari
4.      Pada jaringan palisade
5.      Anabolisme : merupakan reaksi penyusunan zat yang berlangsung di     dalam sel.
Katabolisme : merupakan reaksi penguraian, yaitu menguraikan zat yang mempunyai struktur kompleks menjadi zat yang memiliki struktur lebih sederhana, dengan tujuan menghasilkan energi.


5. Pensekoran & pembobotan :
Nilai = Nomor 1 maksimal 25 poin
Nomor 2 maksimal 20 poin
Nomor 3 maksimal 15 poin
Nomor 4 maksimal 15 poin
Nomor 5 maksimal 25 poin   +
Jumlah betul semua 100 poin

Mengetahui,                                                                                   
Kepala SMA Negeri Tasikmalaya
Guru Mata Pelajaran



..................................
NIP.



..................................
NIP.

Kamis, 17 November 2011

Laga Penuh "EMOSI".!

Perayaan gol TIMNAS U-23
       Kamis, 17 November pukul 18.30 WIB. Dipastikan SUGBK akan dipadati pendukung Indonesia yang akan memerahkan seluruh stadion GBK. Laga ini merupakan pertandingan yang syarat emosi, dimana lawan kali ini adalah "musuh bebuyutan" Indonesia yaitu TIMNAS U-23 Malaysia nanti sore. bagi Indonesia ini adalah ajang balas dendam atas kekalah Indonesia di ajang piala AFF tahun kemarin. Setelah takluk 3-0 pada leg pertama di stadion Bukit Jalil Malaysia, walaupun pada leg kedua di SUGBK Indonesia menang 2-1 tetap tidak bisa mengantarkan Indonesia jadi juara di ajang piala AFF. menurut sejarah Indonesia memang selal unggul atas Malaysia tapi sepuluh tahun terahir Malaysia menjadi salah satu kekuatan besar di Asia tenggara dengan mematahkan euforia Thailand pada SEA Games 2009 lalu. tetapi dengan skuad saat ini indonesia harus nya bisa lebih optimis pada laga ini, dan menjadi juara Grup A.

       Kondisi skuad TIMNAS U-23 Indonesia saat ini sedang pada kondisi puncak. Dimana tige kemenangan dipetik dari tiga laga yang telah dijalankan. Semua pemain sedang dalam keadaan fit, kecuali Stavie bonsapia yang masih dalam tahan penyembuhan setelah sakit, yang posisi nya digantika oleh hasim Kipuw pada dua pertandingan terahir. Ini merupakan pertandingan penuh emosi, ada istilah "BOLEH KALAH DARI NEGARA LAIN ASAL JANGAN KALAH DARI MALAYSIA", itu merupakan bukti betapa "Harga diri" bangsa disini dipertaruhkan. Tetapi walapun ini laga prestisius, pelatih RD tetap mewanti-wanti anak asuhannya untuk bermain tenang dan menjaga emosi, karena ada dua pemain yang sudah medapatkan kartu kuning yaitu patrick dan Diego Michel. Hal ini menjadi penting dalam menjaga kethan tim dalam menghadapi laga semifinal nanti. Coach RD juga menyatakan akan adanya rotasi pemain untuk menjaga kondisi para pemain kunci. Rotasi tersebut juga bertujuan untuk memainkan para pemain penganti yang selama ini belum pernah di turunkan. Tetapi walupun demikian coach RD tetap menargetkan kemenangan pada anak asuhnnya, selain untuk menjaga Indonesia kelar jadi juara grup A, juga harga diri bangsa berbicara dalam hal ini.

       Sementara kondisi Tim malaysia dipastikan akan menurutkan kekuatan terbaiknya, karena juara bertahan SEA Games 2009 ini ingin mengamankan jatah tiket ke semifinal, dimana malaysia masih bisa di geser oleh peringkat ke tiga yaitu Singapura apabila kalah dari Indonesia, dan Singapura menang atas Thailand yang sudah gugur setelah di kalahkan Indonesia. Timnas malaysia tetap akan memainkan para pemain yang telah berpengalaman saat menjuarai piala AFF tahun 2010. Di posisi penjaga gawang Fahmi tetap jadi pilihan utama, lini belakang semua pemainnya merupakan alumni piala AFF 2010, lini tengah ada badrol sang kapten yang mempunyai tendangna yang akurat, dan lini depan ada Syahrul yang sangat berbahaya.

Mari kita dukung Garuda Muda kita untk menjaga nama baik bangsa, dengan kemenangan atas Malysia dan bisa merebt emas.
GO FOR GOLD...

Prediksi susunan pemain
Indonesia : kurnia Meiga, abd, Rahman, Gunawan, Diego, H, Kipuw, Ramdhani L, Egi M, Andik, Mahadirga Lasut, Yongki ariwibowo, lucas mandowen

Malaysia :  Khairul Fahmi – Mohd Shas, Asraruddin, Ambumamee, Bakhtiar Baddrol, Gurusamy, Saarani, Othman, Ibrahim, Jusoh Shukur, Muslim.

Selasa, 15 November 2011

Transfer Infeomasi Genetik


TRANSFER INFORMASI GENETIK

Tranfer informasi genetika pada sel terjadi melalui replikasi DNA dan sintesis protein, dimana akan terjadi atau terbentuk rantai ganda DNA baru dari rantai ganda DNA yang telah ada.
            Yang menjadi bukti pertama bahwa DNA dapat memindahkan informasi genetika yaitu diperoleh melalui percobaan yang di lakukan oleh Avery dan kawan-kawanya dengan menggunakan zat perubah yang diisolasi dari pneumokokus galur III ( bakteria yang dapat menyebabkan radang paru-paru) jika dibubuhkan pada medium kultur, akan mengubah organisme galur II menjadi galur III . hal ini merupakan perubahan yang permanen, organisme galur II yang dihasilkan demikian tersebut akan berkembang biak dan hanya menghasilkan galur III. Pada waktu zat yang berubah itu diisolasi dan diteliti, ternyata zat tersebut merupakan DNA murni.

I. REPLIKASI DNA DAN TRANSKRIPSI RNA
   A. Replikasi DNA
            DNA pada umumnya terdapat pada kromosom dan kromosom terdapat di inti sel. Sel sebagaimana kita ketahui selalu membelah yang didahului dengan pembelahan inti sel. Dengan demikian kromosom juga ikut membelah , demikian pula dengan molekul DNA.
            Watson dan Crik mengatakan, bahwa sekali urutan nukleotida tertentu terbentuk pada salah satu pita dari “ double helix”, maka urutan nekloetida pada pita komplementernya ( pasangannya) dapat di ketahui. Selain itu juga Watson dan Crik berkesimpulan bahwa apabila dua pita dari double helix tertentu melalui suatu proses dapat dilepas terpilinnya dan kemudian dibiarkan dalam larutan yang mengandung nukleotida, maka tiap tiap pita tersebut dapat berlaku sebagai contoh untuk terbentuknya pita polinukleotida baru. Proses berlipat gandanya molekul atau pita DNA tersebut dikenal dengan istilah replikasi DNA.
            Terdapat beberapoa ahli yang melakukan pengamatan terhadap peristiwa replikasi DNA , dari hasil pengamatan tersebut para ahli menyimpulkan beberapa hipotesis mengenai replikasi DNA , yaitu :
1. replikasi secara konservatif.
    Bahwa rantai polinukleotida induk ( rantai lama ) tidak berpisah dan kedua rantai polinukleotida yang di bentuk terdiri dari rantai polinukleotida yang baru.
2. Replikasi secara semikonservatif.
    Bahwa sepasang rantai polinukleotida memisah, kemdian masing – masing membentuk rantai polinukleotida sebagai pasangannya yang baru. Maka pada setiap DNA yang baru terbentuk terdiri atas polinukleotida lama dan baru. Sebagian besar para ahli genetika menyetujui bahwa proses replikasi DNA berlangsung secara semikonservatif . Replikasi secara semikonservatif dibuktikan dengan percobaan meselson dan stahl pada bakteri.
3. Replikasi secara dispersif
    Bahwa rantai polinukleotida induk terputus-putus kemudian memisah dan akhirnya akan membentuk rankaian baru ( rantai baru )


Terdapat beberapa enzim yang berperan dalam proses replikasi DNA diantaranya adalah :
1.Helikase, berperan untuk membuka rantai ganda DNA  menjadi dua buah rantai        tunggal DNA
2. Protein penggabung rantai tunggal, berperan untuk mencegah rantai tunggal DNA yang nantinya akan berperan sebagai cetakan menjadi terurai.
3. Topoisemerase, berperan untuk mengendorkan tegangan yang ada pada lilitan rantai ganda DNA
4. Polimerase DNA , berperan untuk mengikat atau menggabung deoksiribonuleosida trifosfat.
5. Ligase DNA, berperan untuk menutup atau menyambung bagian – bagian rantai tunggal DNA yang baru terbentuk.
6. Primase, berperan untuk mensistensin RNA sebagai substratdalam reaksi polimerisasi.

Proses Replikasi DNA
1.      Rantai ganda DNA yang terpilin akan membuka dan menjadi dua rantai tunggal DNA. Mula- mula enzim helikase akan membuka rantai ganda DNA dengan memutus ikatan hidrogen antar basa nitrogen , sehinnga terjadi dua rantai tunggal DNA.
2.      Rantai tunggal DNA yang terbentuk, berlaku sebagai cetakan untuk replikasi DNA yaitu mensistensis DNA. Setiap macam deoksiribonukleosida trifosfat  akan berpasangan dengan basa nitrogen yang sesuai pada rantai DNA. Hal ini terjadi pada kedua rantai tunggal DNA dan berlansung dengan dipacu oleh enzim polimerase DNA. Pada bagian rantai ganda DNA yang belum dapat membuka maka bekerja enzim topoisomerase, sehingga lilitan rantai ganda DNA tidak tegang.
3.      Pada salh satu rantai DNA dengan bantuan enzim polimerase DNA akan terbentuk rantai tunggal DNA yang baru secara kontinu.

B. Transkripsi RNA
            DNA selain dapat melakukan replikasi, DNA juga mampu mengkopi dirinya menghasilkan RNA . proses pembentukan RNA oleh DNA tersebut dikenal dengan proses transkripsi DNA.
            Prosesnya adalah rantai RNAberpisah, dimana salah satu polinukleotida berfungsi sebaai pencetak ataub sense yang lain sebagai gen atau antisense.
            Dengan melakukan transkripsi ( pemgkopian) , urutan basa pada gen disalin menjadi urutan basa pada RNA . Proses ini berlangsung di dalam nuklues . DNA tetap berada di dalam nukleus, sedang hasil transkripsinya dikeluarkan dari nukleus menuju ke sitoplasma . hal ini di maksudkan agar gen asli tetap terlindung, sementara hasil kopinya ditugaskan untuk melaksanakan pesan=pesan yang di kandungnya.

Terdapat beberapa enzim yang berperan dalam proses transkripsi RNA diantaranya adalah :
1.      Hilekase , berperan untuk membuka rantai ganda DNA menjadi dua buah rantai tunggal DNA.
2.      Protein pemnggabung rantai tunggal, berperan untuk mencegah rantai tunggal DNA yang nantinya akan berperan sebagai cetakan menjadi terurai.
3.      Topoisemerase, berperan untuk mengendorkan tegangan yang ada pada lilitan rantai ganda DNA.
4.      Polimerase DNA, berperan untuk mengikat atau menggabung deoksiribonuleosida trifosfat.
5.      Ligase DNA, berperan untuk menutup atau menyambung bagian-bagian rantai tunggal DNA yang baru terbentuk.
6.      Primase , berperan untuk mensintesis RNA sebagai substrat dalam reaksi polimerisasi.

Minggu, 13 November 2011

Laga Penentuan Garuda Muda.,,


Egi Melgiansyah
Minggu (13/11/2011), TIMNAS Garuda Muda akan memulai laga yang sangat menentukan di babak penyisihan grup A SEA Games ke XXVI di SUGBK sore nanti. Setelah dua pertandingan kemarin indonesia berhasil mengamankan tiga poin, setelah menghancurkan kamboja 6-0, dan Singapura 2-0, Indonesia harus tetap berhati-hati saat mengahadapi Thailand. Thailand merupakan negara terkuat di Asia tenggara pada beberapa tahun ke belakang pada cabang sepak bola, walaupun dominasinya dapat di patahkan oleh Malaysia pada SEA Games tahun 2009. 

Thailand sendiri dalam dua laga awal SEA Games ini kurang begitu memperlihatkan kwalitas dan karakter mereka bermain, dimana mereka baru bisa meraih tiga point dari dua laga yang telah di jalani yaitu mengalami kekalahan di pertandingan pertana lawan Malaysia dengan skor 2-1, dan menang atas kamboja dengan skor ahir 4-0. Tetapi dengan nama besar mereka di persepakbolaan asia tenggara mereka mempunyai potensi untuk menyulitkan kita, terlebih mereka mempunyai beberapa pemain sudah biasa main di tingkat senior, yaitu Rangsio yang juga merupakan kapten tim mereka.

Indonesia sendiri sekarang sedang dalam performa terbaik, dengan kecepatan para penggedor di lini depan Indonesia harus optimis bisa melewati pertandingan ini dan menjadi juara grup A yang akan memudahkan mereka apabila bertemu dengan runner up grup B nanti. Dari segi permainan melihat dua pertandingan awal, masih seringnya pemain-pemain kita kehilangan bola di lapangan tengah, dan terburu-buru dalam mengirimkan umpan ke depan dan tidak efektif. Sentuhan satu dua merupakan strategi yang harus di gunakan melihat kecepatan dan akselerasi dari para pemain kita bisa di bilang di atas rata-rata para pemian Thailand.

Prediksi line up.
Skuad Indonesia
1 Kurnia Meiga; 2 Gunawan, 6 Mahardirga Lasut, 8 Egi Melgiansyah, 10 Octavianus Maniani, 15 Hasim Kipuw 17 Ferdinan Sinaga, 24 Diego Michiels, 25 Titus Bonai, 27 Patrich Wanggai, 28 Abdul Rahman

Skuad Thailand
Werawut Kayen (2), Adsisak Krisorn (6), Chalermsak Kaewsooktae (7), Sarach Yooyen (8), Ronnachai ,Rangsiyo (9) CKroekrit Thawikan (12), Phonlawut Donchui (13), Sutjarit Jantakol (16), Pokklaw A-Nan (17), Ukrit Wongmeena (18), Komkrit Cumsokcheak (20)

Kamis, 10 November 2011

LANJUTKAN Kawan..!!!!!

Situasi Peristiwa 10 November 

MERDEKA,,,,,!!!!!MERDEKA,,,,!!!MAJUU,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!
Suara derungan tank-tank dan letusan senapan, memecahkan sunyi sudut kota surabaya. "MERDEKA ATAU MATI" kata-kata pembakar semangat dari mulu seorang Kharismatik Bung Tomo. Hujan peluru menusuk setiap jengkal langkah para pejuang, tapi itu semua tak ada artinya di bandingkan hasrat mereka mewariskan kemerdekaan bagi anak cucu mereka. Darah, harta, bahkan air mata mereka mungkin bisa habis, tetapi SEMANGAT mereka TIDAK PERNAH MATI. Bukan hanya peristiwa 10 November peristiwa tetapi rentetan sejarah dari mulai zaman kerajaan, sampai kepada masa dimana kaum-kaum terpelajar menyatu dengan semangat nasionalisme para PRAJURIT SEJATI untuk merebut kemerdekaan. Sampai pada titik tertinggi perjuangan rakyat Indonesia yaitu Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 oleh sang karismatik bapa bangsa Soekarno dan Moh,Hatta.
Mungkin terlalu jauh kita melanglang buana ke "zaman perang", dimana situasi tersebut mungkin sekarang sangat jauh untuk berada dalam situasi tersebut. Tetapi saya yakin semangat dari masa itu masih ada pada "sebagian" anak bangsa, yang masih memiliki DNA dari para leluhur mereka. Ada pertanyaan yang bagi sebagian orang di anggap sederhana.....

APA YANG TELAH KITA BERIKAN PADA BANGSA INI..........??????????????

Pertanyaan ini hanya pertanyan biasa, tapi di dalam nya terdapat penuh makna,,hehehe(aga puitis dikit). Tapi itu lah kenyataan yang ada saat ini. Saya sedikit menghela nafas,ketika sekarang bukan hanya generasi muda yang sudah "terkontaminasi" denagn hal-hal negatif dari peradaban yang semakin menggila, tapi sudah lintas generasi dimana di negara ini semua hal diselesaikan dengan ANARKISME, GRATIFIKASI, dan "Konsfirasi struktural" demi kepentingan segelintir golongan dan ahirnya ada yang harus di korbankan, dan itu adalah kemerdekaan bagi para kalangan "terpinggirkan".
Mulai dari Sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, keamanan, dan hal-hal yang terkait di dalam nya tak sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. 
  • Sosial, sudah terjadi pergeseran yang sangat nyata dari segi sosial di negara kita,dimana individualisme sudah menjadi ciri kota-kota yang "katanya" megapolitan dan metropolitan, fungsi struktural dalam kemasyarakatan sangat lemah dimana RT dan RW hanya sebatas identitas tanpa ada struktur yang kuat dari bahwa (RT) sampai ke atas (Presiden) yang akibatnya birokrasi di negara kita terlalu panjang dan berbelit-belit. akibatnya proses Keadilan Sosial yang di amanatkan UUD 1945 terhambat.
  • Budaya, budaya merupakan salah satu kekuatan Indonesia dari zaman Kerajaan dulu,sampai saat ini. Dunia sudah tau Indonesia merupakan negara yang kuat karena keragaman budaya di dalamnya. tetapi sekarang kita sering terlalu membanggakan kebudayaan dari luar, dan parahnya lagi itu yang negatif. kalo yang positif itu tidak jadi masalah. Jangan sampai kita terbuai oleh budaya asing,,baru setelah budaya kita di klaim oleh negara lain kita berang, marah dan mengutuk negara tersebut tapi kita sendiri tidak menjaga budaya kita.
  • Ekonomi, berbicara soal ekonomi pasti tidak akan pernah ada habisnya(masalah perut soalnya,,hehe), dari segi ekonomi MAKRO Indonesia boleh berbangga, Indonesia masuk dalam 15 negara dengan ekonomi terkuat di dunia (hebat kan??hehe), tapi di balik rasa bangga itu semua saya sekali lagi menghela nafas,, ternyata kondisi ekonomi MIKRO kita jauh panggang dari api. Serangan barang import terutama dari China menghiasi setiap sudut denyut nadi perekonomian mikro di negara ini, sehingga para pengusaha mikro terjepit. kemiskinan yang katnya turun,,pada kenyatannya di sisi lain rakyat hampir miskin meningkat, karena batas pendapatan miskin di Indonesia hanya sebesar 1 USD/hari sedangkan di negara tetangga lain sudah 2-2,5/hari USD. Bayangkan bila pemerintah menaikan batas miskin sama denga negara lain,,30 juta jiwa rakyat hampir miskin di indonesia,akan menjadi rakyat miskin, miris negara kaya tapi rakyatnya miskin. 
  • Pendidikan, ini merupakan pondasi bagi kemajuan bangsa. pendidikan merupan element terpenting bagi proses pembangunan dan menaikan derajat bangsa. Tetapi kenyatannya masih jauh, pendidikan masih sangat rendah, bahkan kekerasan dalam mendidikan makin menjadi mulai dari tingkat dasar sampai dengan Mahasiswa, kadang tidak bisa berfikir jernih dalam menyelesaikan masalah. katanya "Berpendidikan" tapi cara menyelesaikan masalahnya tidak mencerminkan orang yang berpendidikan
SO,,melihat keadaan negara kita pada masa ini, yang mugkin bisa di bilang masih jauh dari amanat UUd 1945.HAI,,para pemuda/pemudi apa yg bisa kita berikan untuk bangsa dan negara di masa kita ini???bukan dengan perang dan pemberontakan, tapi dengan FIKIRAN DAN KARYA kita,,teruskan perjuangan para pahlawan dengan cara kita sendiri. 
SEMANGAT ZAMAN PERANG....
INOVASI DAN KREASI ZAMAN SEKARANG,,!!!^_^

SELAMAT HARI PAHLAWAN............!!!
MERDEKA..

Rabu, 09 November 2011

Sjafrudin prawiranegara (PRESIDEN KE 2 RI)..??????

Berkas:Sjafrudin prawiranegara.jpg
Sjafrudin prawiranegara

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengaku jasa Sjafruddin Prawiranegara sudah diajarkan sejak dulu dalam buku pelajaran sejarah. Menurutnya jasa terbesar Sjafruddin adalah saat menjadi Presiden RI tahun 1948 sampai 1949, ketika Yogyakarta jatuh dan Soekarno Hatta ditawan Belanda.
"Sekarang kan juga sudah ada. Kalau dia tidak ada dalam sejarah masa orang tahu bahwa beliau pernah menjadi presiden tahun 1948-1949," ujar M Nuh saat ditemui di kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Rabu (9/11/2011).
Nuh menjelaskan saat kepemimpinan Sjafruddin dianggap sebagai masa transisi. Karena itu Sjafruddin tidak tercatat sebagai Presiden RI kedua, melainkan Soeharto.
"Itu sudah ada dalam sejarah, semua orang tahu itu masa transisi. Maka biarkan sejarah itu berbunyi apa adanya dan itulah yang kita sampaikan ke masyarakat, jangan dikurangi jangan ditambahi. Jadi apa adanya. Jangan sampai nilainya berbeda," tutup Nuh.
Pemerintah mengangkat Sjafruddin Prawiranegara sebagai pahlawan nasional. Peran Sjafruddin Prawiranegara sangat besar pada saat Indonesia dilanda agresi militer Belanda II. Saat itu Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda, Soekarno-Hatta ditawan Belanda. Sjafruddin-lah yang ditugasi membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 22 Desember 1948 di Sumatera. 
Selama 6 bulan, Sjafruddin menjalankan pemerintahan RI dari dalam hutan belantara. Mereka terus mempropagandakan pemerintahan Indonesia masih ada. Aksi Sjafruddin berhasil, dunia internasional akhirnya memaksa Belanda menghentikan agresi militer mereka. Tanpa PDRI, belum tentu Belanda mau maju ke meja perundingan. Sjafruddin menyelamatkan republik, tapi selama puluhan tahun jasanya seolah terlupakan.

sumber :http://www.detiknews.com/read/2011/11/09/174956/1763983/10/m-nuh-sjafruddin-prawiranegara-presiden-ri-tahun-1948-1949?991101mainnews

Selasa, 08 November 2011

ppt.Teori pengangkutan air,,,!!

Analogi Kehidupan

                


           Kadang kita berfikir, bahwa apa yang kita inginkan adalah suatu keharusan terjadi pada kehidupan kita. Tetapi tak sedikit kenyataan yang tak sesuai dengan angan-angan. Dan kadang sebagian orang menafsirkan ketidak sesuaian tersebut sebagai suatu kegagalan dalam hidupnya, dan mengambil keputusan secara tidak bijak. Mungkin kutipan ini tidak sepaham dengan sebagian orang tapi disinilah arti kehidupan yang sebenarnya, dimana kita di hadapkan pada kenyataan yang jauh dari kata "SEMPURNA". Kita tinggal memilih jalan apa yang akan kita tempuh, apakah kita akan bangkit dengan semangat baru atau kah kita akan terus bergelut dengan ketidak pastian dan keterpurukan dalam hidup,,,!!!??
          Hidup hanya persinggahan kawan, jangan habiskan waktu mu dengan terus memikirkan kesedihan dalam keterpurukan, jadikan lah dirimu sebagai sumber dari semangat dan pembaruan diri dalam kehidupan. Jadikanlah dirimu jiwa-jiwa yang mampu memberikan kehangatan bagi sesama dengan memberikan porsi yang cukup pada fikiran mu tentang ekspektasi hidup yang sebenarnya, dan jadikan dunia mu sebagai "Ladang" kebahagian bagi jiwa mu dan jiwa-jiwa di sekeliling mu..

HIDUP ADALAH PILIHAN,!!!,
dan DUNIA MASIH TERLALU SEMPIT  UNTUK KAU TERSESAT DALAM KETERPURUKAN DALAM MENCARI JALAN KELUAR,,Kawan,,!!!!!!!!!


Senin, 07 November 2011

Kepakan pertama sayap "GARUDA MUDA"



Okto. M salah satu motor penggedor pertahanan lawan

Timnas U-23 Indonesia berpesta gol dengan jumlah setengah lusin di laga pertamanya di SEA Games XXVI. Kamboja yang menjadi lawannya sukses diluluhlantakkan 6-0.

Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (7/11/2011) malam WIB, Titus Bonai, Gunawan Dwi Cahyo, dan Patrich Wanggai (dua gol) membuat Garuda Muda unggul 4-0 di paruh pertama laga.
Di paruh kedua laga, Andik Vermansyah dan Ramdani Lestaluhu yang masuk sebagai pemain pengganti menambah keunggulan Indonesia.

Kemenangan itu membuat Indonesia kini bertengger di pucuk klasemen Grup A dengan poin tiga. Malaysia dan Singapura yang sebelumnya berbagi hasil imbang ada tepat di bawah Indonesia dengan poin masing-masing satu. Di partai selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Singapura, Jumat (11/11).

jalannya pertandingan,,,
Indonesia memimpin pada menit 27. Umpan silang dari kanan berhasil disambut Titus Bonai dengan tandukan jitu ke dalam gawang Kamboja.
Dua menit berselang, Indonesia menggandakan keunggulan. Patrich Wanggai melepaskan tendangan bebas cantik yang tak kuasa dihalau kiper Kamboja.
Kesalahan Sou Yaty dalam mengantisipasi bola sepak pojok dimanfaatkan dengan baik oleh Gunawan Dwi Cahyo yang berdiri di tiang jauh. Tandukannya mengubah skor jadi 3-0 di menit 35.
Wanggai mencetak gol keempat Indonesia pada menit 41. Okto menerima bola liar di kotak penalti Kamboja dan kemudian mengirim umpan silang ke tiang jauh yang disambut dengan jitu oleh Wanggai.
Pada menit 80, gol kelima akhirnya dibuat Indonesia. Dari sepak pojok yang diambil pendek, bola lantas digiring Andik Vermansyah dari pinggir ke tengah. Andik lantas melepaskan tembakan keras untuk membuat skor menjadi 5-0.
Empat menit berselang, Andik mencuri bola di kanan dan kemudian memberikan operan jitu ke depan gawang. Ramdani Lestaluhu berhasil menyambar bola untuk mengubah skor jadi 6-0.

susuna pemain :
Indonesia: 1-Kurnia Meiga; 13-Gunawan Dwi Cahyo, 24-Diego Michiels, 26-Hendro Siswanto (11-Ramdani Lestaluhu 71'), 28-Abdul Rahman, 8-Egi Melgiansyah, 10-Oktovianus Manianni, 17-Ferdinand Sinaga (21-Andik Vermansyah 63'), 18-Stevie Bonsapia, 25-Titus Bonai, 27-Patrich Wanggai (7-Yongki Aribowo 87').

Kamboja: 1-Sou Yaty; 3-Sok Rithy, 4-Sok Sovan, 5-Touch Pancharong, 9-Tum Saray (15-Pov Phearith 57'), 11-Khoun Laboravy, 12-Pheak Rady, 14-Sos Suhana, 16-Chhun Sothearath, 17-Chhin Chhoeun, 18-Phourng Soksana (10-Keo Sokngon 67').






Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites