Kamis, 03 November 2011

laporan prtaktikum RESPIRASI TUMBUHAN

RESPIRASI TUMBUHAN

LAPORAN PRAKTIKUM

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu
Tugas Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan









oleh :
Herliana Fazri  092154028
Anggota:
Fitri Nurmayanti         092154009
Dian Aprilia R             092154010
Nesya Istiana S           092154015
Ai Rita Lestari                        092154023
Hani Hanifiah             092154012
Tita Tomitawati           092154029
(Kelompok IV, Kelas III A)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2011

RESPIRASI TUMBUHAN
A.    Tujuan
Menentukan jumlah O2 yang dibutuhkan pada respirasi tumbuhan.
B.     Tinjauan Pustaka
Tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang sepanjang hidupnya. Kebanyakan tumbuhan tetap tinggal (tidak bergerak) dan memproduksi makanannya sendiri,menggantungkan diri pada apa yang dapat diperoleh dari lingkungannya sampai batas-batas yang tersedia. Tumbuhan tingkat tinggi pada umumnya tergolong pada organisme autotrof, yaitu golongan makhluk yang dapat mensintesis sendiri senyawa-senyawa organik yang dibutuhkannya. Dalam proses ini energi radiasi diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH + H yang selanjutnya akan digunakan untuk mereduksi CO2 menjadi glukosa.
Beberapa aktivitas hidup pada tumbuhan adalah fotosintesis, respirasi,tumbuh (perkecambahan), reproduksi serta gerak dan iribilita yang dapat dipelajari dari segi biofisika dan biokimia.
Dalam beberapa aspek fisiologi tumbuhan berbeda dengan fisiologi hewanatau fisiologi sel. Tumbuhan dan hewan pada dasarnya telah berkembang melaluipola atau kebiasaan yang berbeda. Tumbuhan dapat tumbuh dan berkembangsepanjang hidupnya. Kebanyakan tumbuhan tetap tinggal (tidak bergerak) dan memproduksi makanannya sendiri, menggantungkan diri pada apa yang dapat diaperoleh dari lingkungannya sampai batas batas yang tersedia. Hewan sebagian bergerak, harus mencari makanan, ukuran tubuhnya terbatas pada ukuran tertentu dan harus menjaga integritas mekaniknya untuk hidup dan pertumbuhan.
Respirasi merupakan proses oksidasi bahan organik yang terjadi di dalamsel, berlangsung secara aerob maupun anaerob. Dalam respirasi aerob diperlukanoksigen dan dihasilkan karbondioksida serta energi. Sedangkan dalam respirasianaerob dimana oksigen tidak/kurang tersedia dan dihasilkan senyawa selainkarbondiokasida, seperti alkohol, asetaldehida atau asam asetat dan sedikit energi

C.    Alat dan Bahan
1.      Alat
a.       Kapas
b.      Respirometer
c.       Neraca ohaus
2.      Bahan
a.       Kecambah
b.      KOH
c.       Aquades
d.      Vaselin
D.    Cara Kerja
1.      Menimbang kecambah seberat 1,4 gram, kemudian dimasukan kedalam resapirometer
2.      Menimbang KOH seberat 2 gram, kemudian di balut kapas seberat 0,5 gram dan dimasukan kedalam respirometer
3.      Masukan aquades secukupnya ke ujung respirometer sampai aquades berada di posisi nol pada
4.      Mengamati berapa jauh pergerakan aquades dalam respirometer selama 20 menit.
E.     Hasil Pengamatan
No
Macam/bagian umbuhan yang di amati
Berat
Jarak yang ditempuh
Rata-rata permenit
Rata-rata/menit/gr
5’
10’
15’
20’
1.
Kecambah
1,4 gr
0,04
0,09
0,14
0,19
0,023 ml/menit
0,0164 gr/menit

Perpindahan batas air setiap 5 menit rata-rata adalah 0,023 ml/menit, dan rata-rata per gram per menit adalah 0,0164 gr/menit.
F.     Pembahasan
Dari percobaan di atas dapat diketahui bahwa percobaan respirasi dengan menggunakan kristal KOH pada respirometer skalanya menunjukan kenaikan. Pada 5 menit pertama 0,04 sampai diposisi 0,18 pada menit ke 20.  Adanya kenaikan yang terjadi didalam respirometer yang ditambah kristal KOH karena CO2 yang dilepaskan kecambah lebih besar daripada O2 yang dikonsumsi. Kurangnya kadar O2 yang dikonsumsi oleh kecambah tersebut dikarnakan adanya penambahan kristal KOH. Kristal KOH yang dimasukan dengan kecambah tadi kedalam respirometer mengikat kadar O2 yang terdapat didalam tabung respirometer tersebut sehingga kecambah tidak dapat mengkonsumsi O2 secara maksimal.
Selema praktikum berlangsung, botol respirometer tidak boleh dipegang Agar gerak aquades pada respirometer tidak terganggu oleh gerakan tangan yang menyentuh botol respirometer
Saat melakukan praktikum bagian berwarna hijau harus dibuang, karena bagian yang berwarna hijau pada kecambah dapat mengalami fotosintesis yang dapat menghambat percobaan proses respirasi tumbuhan
Gunanya KOH dalam praktikum ini adalah untuk membantu mempercepat proses respirasi pada tumbuahan.
G.    Kesimpulan
Kesimpulan dari hasil percobaan respirasi pada tumbuhan yaitu,respirasi yag dilakukan tumbuhan berutujuan untuk memperoleh energi yang diperlukan dalam memperoleh makanan yang berupa air dan karbondioksida.

H.    Referensi
Anonim. 12 April 2011. Air Sebagai Komponen Tumbuhan. Outline tersedia di:
http://jheje.blogdetik.com/2011/04/12/air-sebagai-komponen-tumbuhan/


        

 


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites