Selasa, 06 Desember 2011

Alun-Alun LAMBANG KEMAPANAN,,,,!!

Tak dapat di pungkiri, negara kita merupakan negara yang kaya akan budaya, baik secara tata sosial masyarakat ataupun administratif pemerintahan sudah dari zaman dulu masyarakat nusantara mengenal akan istilah itu. Salah satunya adalah Alun-alun, secara fungsi sosial dan administratif alun-alun mempunyai suatu fungsi yang sangat besar dari zaman dulu sampai dengan sekarang ini.

Tengok saja kota-kota besar di belahan bumi manapun, melambangkan kota mereka dengan bagaimana mereka menata alun-alun mereka sebagai pusat kehidupan masyarakat. dimana fungsi sosial dan masyarakat disana berperan. Fungsi sosial misalnya, alun-alun merupakan  tempat dimana perdagangan, interaksi antar masyarakat sekitar berlangsung, hiburan, dan kegiatan kebudayan merupakan fungsi sosial dari alun-alun tersebut. Secara administratif alun-alun menjadi tempat yang dekat dengan pusat pemerintahan dan menjadi sumber informasi bagi masyarakatnya.(http://id.wikipedia.org/wiki/Alun-alun) Selain itu aspek keindahan kota menjadi salah satu fungsi alun-alun dalm mendatangkan devisa bagi daerah tersebut, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat apabila dikelola dengan profesional.

Coba kita lihat sekarang alun-alun yang ada di kota ini!!!
Sudahkan mencerminkan kehidupan kota yang sebenarnya???apakah hanya menjadi korban dari ketidak pastian????
Merasa sedikit miris melihat keadaan alun-alun kota tasikmalaya,pada beberapa bulan kebelakang. Dimana kondisi alun-alun ini menurut saya kurang bisa memenuhi fungsi dari dari alun-alun itu sendiri, dimana aspek-aspek pendukungnya jelas harus berbanding lurus dengan harapan dibangunnya alun-alun, tetapi kenyataan nya,,malah lebih "sepi" daripada sudut lain di kota ini. Alun-alun seyogyanya menjadi suatu tempat (Pusat) dari keramaian dan menjadi ciri khas dari kota itu.

Saya kurang mengerti dengan kondisi di belakang semua ini, apakah ada tarik ulur kepentingan atau kah malah saling lempar tanggung jawab? Sebagai masyarakat biasa dan lebih-lebih saya seorang pendatang, saya menyayangkan dimana suatu komoditas yang sangat berharga bagi kota ini terbengkalai dan tidak di kelola secara baik, padahal menurut saya kota ini kota terbesar di priangan timur tapi alun-alunnya, tidak mencerminkan sebagai kota terbesar di priangan timur. 

Tetapi sekarang ini, dimulai dengan pembangunan alun-alun yang sudah dilakukan beberapa bulan terahir memunculkan optimistis baru, akan adanya pengelolaan yang lebih baik, tidak perduli siapa yang mengelola, tapi yang lebih penting terpenuhinya fungsi dari alun-alun tersebut secara optimal dan dapat menjadi lambang "KEMAPANAN" kota tercinta ini.....mudah-mudahan saja ini menjadi suatu monumen kebanggaan kota ini,mungkin terlalu jauh apabila kita bandingkan dengan alun-alun kota Malang, dan kota-kota yang mempunyai simbol Kebanggaan kota,,paling tidak alun-alun kota Tasikmalaya bisa menjadi simbol "KEMAPANAN" dari kota ini,,dan menjadi sumber devisa bagi pemerintah dan masyarakatnya.

AYYOOO JANGAN KALAH dengan alun-alun TETANGGA,,,,,!!
,,,jadikan alun-alun TASIKMALAYA menjadi salah Pusat ekonomi dan wisata kota,,!!!










6 komentar:

hahaha.. alun-alun tetangga selalu kelihatan lebih hijau dan adem *eh?* da bener yah kenyataannya begicuw :P

hahah,,iya teh,,cuma buat gambaran aja ce,!!da aku juga orang asli tetangga,,tapi udah telanjur cinta sama tasik,,jadi jngan mau kalah lah,,:D

Setuju, belum ada yang bisa dibanggakan dari alun-alun Tasikmalaya. belum bisa menjadi tempat tujuan juga, karena yang ada malah ditanya; "mau ngapain ke alun-alun?" Padahal, di kota lain, alun-alun adalah sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah alun-alun tetangga. sebulan sekali mah saya suka bawa anak-anak ke sana, sekadar naek deldom atau becak-becakan. hehehe ... *udah langsung ketahuan alun-alun mana* :P

kang iwok,,iya kang,!alun-alun kota kurang ada gaungnya di bandingkan dengan pusat perbelanjaan modern,!walaupun saya bukan asli orang tasik,tapi saya berharap orang tasik sendiri tidak perlu ke alun-alun tetangga untuk berekreasi,,hehehe,,tapi ntah lakh,,itu kapan bisa jadi kenyataan,!:P

pengen nya alun2 tasik itu rindang d tengah panasnya bumi sekarang...

tepatnya jadi hutan kota kali ya om???:D

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites